"Selamat Datang di Website SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta"

Wisata Bahari di Bangka Belitung

Wisata Bahari di Bangka Belitung - Sebagai Propinsi Kepulauan, Bangka Belitung memiliki banyak pulau - pulau kecil di sekitar pulau bangka dan pulau Belitung. Namun wisata bahari beberapa di antaranya belum cukup terkenal, hal ini di karenakan kurangnya fasilitas yang memadai terutama faktor keamanan. Selain itu minimnya promosi dan masih sangat kurangnya akses menuju beberapa pulau - pulau kecil tersebut. Padahal jika potensi wisata ini bisa di optimalkan, wisata bahari di pulau - pulau sekitar bangka belitung sangat menarik dan bisa meningkatkan pendapatan daerah setempat, terbukti wisata bahari di pulau belitung yang mempu menyedot perhatian wisatawan yang selalu meningkat sepanjang tahunnya.

Berikut wisata bahari yang berada di pulau Bangka

Wisata bahari Pulau Tinggi Kabupaten Bangka Selatan
Pulau Tinggi ini berada di Kabupaten Bangka Selatan Desa Penutuk Kecamatan Lepar Kabupaten Bangka Selatan. Kecamatan Lepar adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan yang terpisah dari Pulau Bangka. Selain kecamatan Lepar ada pula Kecamatan Pongok yang dulu menjadi satu kecamatan dengan Pulau Lepar yang di kenal dengan masyarakat Bangka yaitu Lepar Pongok. untuk menikmati keindahan Pulau Tinggi kita bisa memilih transportasi perahu melalui Desa Sadai dimana dermaga sadai adalah pelabuhan yang menghubungkan Pulau Bangka dan sejumlah daerah lain.

Wisata bahari Pulau Ketawai Kabupaten Bangka Tengah
Wisata bahari di pulau bangka yang satu ini sebelum terkenal seperti sekarang ini, dulunya Pulau Ketawai didiami oleh beberapa penduduk lokal yang berprofesi sebagai nelayan.  Namun saat ini penduduk yang mendiami Pulau Ketawai telah pindahkan untuk pembangunan pulau ketawai sebagai destinasi wisata kabupaten Bangka Tengah. keindahan pulau ketawai menjadikannya salah satu wisata favorite di pulau bangka, pohon - pohon kelapa yang berbaris di sepanjang garis pantai , hamparan pasir putih yang menawan serta jernihnya air laut menjadi andalan wisata bahari di pulau ketawai Bangka Tengah ini. Namun hingga Saat ini, Di Pulau Ketawai ini belum ditemukan tempat bermalam baik hometsay maupun resort / hotel. selain itu juga belum tersedianya penjual yang menjajakan barang kebutuhan sehari-hari. Pulau ketawai ini masih memerlukan pengembang yang dapat membangun Pulau Ketawai menjadi daerah tujuan wisata di kabupaten bangka barat in, sehingga dapat menarik wisatawan dari luar. Pulau ketawai dapat ditempuh dengan menyewa perahu di Desa Nelayan Kurau dengan jarak tempuh 30 menit, dan dari pelabuhan ini kita bisa melihat jelas pulau ketawai ini dari kejauhan

Wisata bahari Pulau panjang dan Pulau semujur Kabupaten Bangka Tengah


Pulau Semujur - pulau Semujur yang terletak di Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah. Untuk menuju ke Pulau semujur ini kita bisa menyewa perahu dari dermaga desa kurau dengan waktu tempuh Kurang Lebih 45 menit . Luas Pulau panjang ini kurang lebih 57,11 Ha dan pulau semujur ini bersebelahan dengan Pulau panjang, di pulau ini terdapat beberapa rumah penduduk yang mendiami pulau ini.

Pulau Panjang - Pulau Panjang terletak disebelah utara Pulau Semujur. Sesuai dengan namanya, pulau ini berbentuk memanjang. Bahkan saat surut, tampak gusung pasir yang sangat panjang yang terdapat disebelah utara pulau ini. Pulau ini berjarak hanya sekitar 600 meter laut dari Pulau Semujur. Berbeda dengan Pulau Semujur yang banyak terdapat penduduk, di pulau panjang ini termasuk pulau yang tidak berpenghuni,Padahal Pulau Panjang ini luasnya sekitar 4 kali lebih luas dari Pulau Semujur. Jia kita mendengar cerita dari penduduk di Pulau Semujur, hal ini dikarenakan ada cerita masyarakat bahwa Pulau Panjang termasuk pulau angker/menyeramkan karena dijaga oleh binatang melata yang besar. Benar atau tidaknya, yang pasti cerita ini membuat keaslian pulau ini masih sangat terjaga dari tangan-tangan serakah manusia. Keaslian pulau ini masih sangat baik. Tampak pepohonan menghijau dan pasir putih yang bersih.
Menurut informasi yang diperoleh dari penduduk semujur, saat bulan purnama, banyak penyu yang bertelur di Pulau Panjang . Karang Tepi di Pulau Semujur dan pulau panjang ini relatif tipis, namun karang di pantai ini memanjang mengelilingi ke dua pulau ini. Karang di Pulau Semujur dan pulau panjang  telihat asri, memiliki kenekaragaman jenis karang yang tinggi dan kaya akan biota.

Wisata bahari Pulau Nanas dan Pulau Lampu Kabupaten Bangka Tengah

Pulau Nanas dan Pulau Lampu ini terletak di daerah sungai selan Kabupaten Bangka Tengah, jarak dermaga menuju pantai ini sekitar 3 - 4 jam dari pusat kota pangkal pinang. Hal ini di karenakan akses jalan yang rusak di beberapa titik menyebabkan perjalanan menjadi sangat lama. Unutk meuju pulau nanas di perlukan waktu sektar 30 menit, dan di pulau ini di huni leh cukup banyak penduduk lokal yang bermata pencarian beragam, ada yang petani dan ada juga nelayan. Dari pulau nanas ini kita bisa menuju pulau lampu dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Pulau lampu ini adalah pulau kecil yang tak berpenghuni, di pulau lampu ini terdapat mercusuar dan rumah - rumah penjaga yang masih asli peninggalan belanda. Di pulau lampu ini pantainya sangat indah dengan perairan laut yang sangat jernih. Namun hingga saat ini belum ada informasi yang pasti tentang terumbu karang di daerah ini

Wisata bahari Pulau Lampu dan Pulau Putri kabupaten Bangka Induk
Pulau Lampu dan Pulau Putri berada di kecamatan Belinyu kabupaten bangka induk. Disebut Pulau Lampu karena di pulau ini terdapat sebuah mercusuar yang berfungsi sebagai pemandu kapal yang melintas di sekitar pulau ini. pulau lampu ini tepat berada di depan pantai penyusuk dengan lama perjalanan sekitar 15 menit dari pusat Kota Belinyu . Sedangkan bila dari Kota Pangkalpinang jarak yang akan di tempuh sekitar 2.5 jam perjalanan. Untuk menuju Pulau ini kita bisa menyewa perahu nelayan yang ada disana pulau lampu ini dikelilingi oleh pulau-pulau batu kecil yang penuhi dengan bebatuan yang besar dan mengelilingi pulau. Air laut yang  ini.  Di pulau ini terdapat rumah peninggalan zaman belanda dan beberapa rumah kecil penjaga mercusuar seta rumah mesin diesel sebagai pembangkit listrik mercusuar, Walau pulau ini kecil tapi terdapat toilet dan air tawar , di pulau ini juga terdapat sebuah makam tua yang menurut cerita adalah makam penjaga pertama mercusuar Pulau Lampu.

Berikut wisata bahari yang berada di pulau Belitung

Wisata bahari di pulau belitung ini terdapat di tanjung pandan sekitar 20 menit dari bandara dan pusat kota. Untuk mengunjungi wisata bahari pulau - pulau di Belitung ini, anda bisa menyewa perahu dari dermaga tanjung binga atau dari pantai tanjung kelayang. Namun kami sarankan lebih baik dari pantai tanjung kelayang, karena dari sini jarak tempuh lebih dekat dan anda bisa menikmati pemandangan indah pantai tanjung kelayang selama perjalanan hopping island

Pulau babi / pulau kepayang

Pulau babi ini terbagi menjadi 2 yaitu pulau babi kecil dan pulau babi besar. Di sekitar pantai pulau babi ini terdapat batu batu granit besar yang seolah menyerupai batu yang mengerapung, yang pasti anda akan lebih terpesona  melihat jernihnya air laut dan susunan batu granit yang bertumpuk sangat unik.

Pulau Lengkuas

Pulau lengkuas adalah pulau terluar diantara pulau  pulau kecil lainnya, di pulau ini terdapat mercusuar  dan anda bisa naik ke atas mercusuar ini untuk melihat keindahan seluruh pulau ini. Di pulau lengkuas ini anda bisa melakukan aktifitas snorkling untukmenikmati keindahan terumbu karang.

Pulau Burung

Ketika menuju pulau burung ini anda akan di suguhkan keindahan batu granit besar yang bertumpuk menyerupai kepala burung. Dan yang pasti di sini anda akan masih di manja juga oleh jernihnya air laut dan hamparan pasir putih.

Pulau Pasir

Pulau pasir adalah pulau mini yang terbentuk dari gundukan pasir ditengah laut , namun pulau ini hanya dapat dikunjungi bila air laut surut, karena bila air laut pasang maka pulau ini tertutup air laut. Bila beruntung berkunjung ke pulau ini, anda dapat menemukan banyak bintang laut yang cantik di sini.

Pulau Batu Berlayar

Pulau batu berlayar ini adalah pulau mini seperti pulau pasir, pulau ini juga hanya dapat dikunjungi bila air laut surut, karena bila air laut pasang maka daratan / pasir dipulau ini tertutup laut. Di sebut Batu berlayar karena batu  batu di pulau ini posisinya berdiri seperti layar perahu.

Sebagai negara kepulauan, sepatutnya kita bangga dengan kekayaan wisata bahari yang kita miliki. Namun sangat di sayangkan bahwa pengelolaan kekayaan wisata bahari kita masih sangat kurang dan sangat lamban baik penyediaan fasilitas , sarana prasarana maupun promosi yang masih sangat minim. Seandainya ada perhatian khusus dari pemerintah untuk mengoptimalkan wisata bahari ini, tentu akan menambah devisa dan mengurangi angka pengganguran di tanah air. harapan kami sebagai pelaku wisata di Bangka Belitung semoga saja dan secepatnya adanya perhatian khusus pemerintah untuk mengoptimalkan kekayaan wisata bahari baik di pulau bangka maupun di pulau belitung

SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta
Jl. Gorontalo III /24 Sungai Bambu Tanjung Priok - Jakarta 14330 INDONESIA
Telp : 021.4371028 / 021.4360514 Fax : 021.4371028
e-Mail : sdplusht1@yahoo.co.id