"Selamat Datang di Website SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta"

Selancar Air atau Surfing

Kalian pasti sudah tau tentang olah raga surfing atau yang sering disebut berselancar. Ya, sebelum mengenal olahraga surfing ini lebih jauh kita kenal dulu sejarah surfing!

Sejarah Surfing

Olah raga selancar air atau surfing adalah olahraga yang tumbuh dan mulai berkembang di Amerika, sekitar tahun 1960-an tepatnya di Hawaii. Karena daerah tersebut memiliki ombak yang pecah serta bertahap yang sangat cocok digunakan untuk olahraga selancar air (surfing) ini. Penyebaran olahraga selancar air ini dimulai dan dapat dirasakan di penjuru dunia sekitar tahun 1964 tanpa kecuali di Asia. Karena pesatnya penyebaran dan perkembangan olahraga ini, maka para peminat atau pelaku olah raga ini, atau yang lebih dikenal dengan sebutan surfer membuat sebuah assosiasi yang berskala internasional dengan nama (International Surfing Association) yang berpusat di California, yang sampai saat ini sudah memiliki anggota lebih dari 70 negara.

Manfaat Surfing itu Sendiri adalah ....

Ada yang tau manfaat surfing? nah, kali ini anda akan mengetahui beberapa manfaat surfing.

Surfing sebagai salah satu jenis olahraga ekstrim bisa dijadikan latihan kardiovaskular. Hampir semua bagian otot tubuh bekerja ketika anda surfing, mulai dari otot tubuh bagian atas sampai otot-otot kaki. Berikut ini manfaat olahraga surfing yang bisa anda dapatkan.
  • Surfing memungkinkan otot tubuh untuk terus bergerak sehingga baik untuk membentuk tubuh lebih sempurna.
  • Obat awet muda. Olah raga mampu memperlancar peredaran darah yang salah satu keuntungannya membuat kulit terlihat cerah serta awet muda.
  • Laut juga merupakan sumber revitalisasi energi sehingga ketika anda berselancar, akan menghirup energi ini terus menerus. Surfing yang dilakukan secara teratur mampu menjadikan anda tetap prima sampai lanjut usia.
  • Surfing mampu mengurangi stress karena latihan fisik yang menyenangkan membantu anda mengimbangi efek negatif stress.
  • Sikap lebih santai menghadapi kehidupanpun menjadi efek positif dari surfing
  • "Mengarungi" ombak satu pantai ke pantai lain, memungkinkan anda bertemu teman-teman baru surfing tidak hanya baik menjaga kesehatan tetapi juga membuat anda bersosialisasi.
Surfing menjadi olahraga ekstrim dan berat sehingga anda membutuhkan nutrisi lebih. Diet dengan kadar protein tinggi serta rendah lemak baik bagi anda penggemar selancar. Pastikan untuk tidak meninggalkan sarapan ketika anda Surfing di pagi hari dan jangan lupa mengkonsumsi makanan protein tinggi setelah surfing ksrena bisa membantu otot memperbaiki diri.

Sumber :

Bagaimana Cara Berselancar?

Sebagian besar waktu anda saat surfing lebih banyak dihabiskan buat berenang. Dengan keterampilan paddle yang baik, bisa meminimalkan tenaga yang terbuang.
Dalam surfing, tidak ada yang mengalahkan sebuah landasan yang baik (keterampilan dasar), karena hal ini akan membuat proses belajar lebih mudah dan jauh lebih menyenangkan. Untuk anda yang ingin belajar surfing, ada 2 teknik yang harus anda kuasai denga baik yaitu teknik paddling dan teknik popping up.

Teknik Paddling

Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu anda selama surfing dengan paddling (mengayuh). Memiliki teknik yang tepat akan membuat anda meminimalisir kelelahan saat berolahraga surfing.

Anda harus berbaring di papan dengan hidung hanya beberapa inci di atas air.

Jika anda terlalu jauh ke depan dan hidung berada di bawah air, anda tidak akan bergerak kemanapun dan mungkin akan berakhir jatuh! Kebanyakan pemula membuat kesalahan seperti ini.

Langkah berikutnya adalah melengkungkan punggung sedikit sehingga berat badan anda terfokus di bagian bawah tulang rusuk anda. Kaki anda harus bersama - sama dan diangkat keluar dari air sehingga mereka tidak terseret. Posisi ini "sulit" untuk orang yang sangat baru karena melibatkan fungsi otot - otot tertentu. Tidak heran jika mereka akan cepat lelah, tapi seiring waktu tubuh mereka dengan sendirinya akan segera membangun otot yang diperlukan.

Jangkauan lengan anda sepenuhnya keluar menuju hidung papan, cangkir tangan anda dengan jari - jari anda menyebar terpisah hanya sedikit, dan membawa lengan anda turun melalui air membuat kecil "S" bentuk yang berjalan sedikit di bawah forum anda. Ini adalah cara yang paling efisien untuk paddling dan dilakukan oleh Kelly Slater sendiri. Belajar dari yang terbaik!

Teknik Popping Up

Poup berselancar pada dasarnya adalah sebuah push-up yang sangat cepat. Ini adalah bagaimana anda menggerakkan kaki anda untuk berdiri dengan cepat di atas papan selancar!

Untuk membuat popup mudah, praktek beberapa popup di tanah kering setiap hari. Ini akan membangun kekuatan lengan anda dan memberi anda beberapa memori otot. Ketika tiba saatnya untuk melakukannya pada papan selancar anda akan memiliki waktu yang jauh lebih mudah.

Popup setiap orang surfing adalah sedikit berbeda, tetapi untuk semua maksud dan tujuan teknik popup pada dasarnya sama untuk semua orang.

Di pantai, anda dapat meletakkan papan selancar anda di atas pasir dan praktek popup anda sebelum anda pergi berselancar.

Langkah Mudah Untuk Popup.

  • Letakkan tangan anda di papan datar di bagian bawah tulang rusuk anda
  • Push dada dari papan dengan panggul dan paha atas masih dalam kontak dengan papan. (Jangan melakukan push-up seluruh tubuh dengan berat badan anda berfokus pada tangan dan jari kaki)
  • Tanpa mengandalkan lutut anda, membawa anda ke depan kaki depan di bawah tubuh anda kira - kira di mana tangan anda
  • Kaki belakang anda secara alami akan mengikuti.
Ingat : Anda baru mulai belajar surfing, praktek popup di lantai. Lakukan sekurang-kurangnya 20 atau lebih sehari sampai anda dapat melakukannya tanpa berpikir.

Sumber : http://www.djarum-super.com/adventure/adventure-news/content/read/teknik-dasar-surfing-paddling-dan-popping-up/

SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta
Jl. Gorontalo III /24 Sungai Bambu Tanjung Priok - Jakarta 14330 INDONESIA
Telp : 021.4371028 / 021.4360514 Fax : 021.4371028
e-Mail : sdplusht1@yahoo.co.id