"Selamat Datang di Website SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta"

SMP Hang Tuah 3, dan SMK Hang Tuah 1 mengikuti Kompetisi Pasanggiri Angklung Sekolah Satu HATI


AHM Bangun Kepedulian Siswa
Terhadap Budaya


FAJARONLINE,JAKARTA - PT Astra Honda motor (AHM) kembali menggelar program generasi peduli budaya, berupa Kompetisi Pasanggiri Angklung Sekolah Satu HATI untuk meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap budaya bangsa.
Pasanggiri Angklung tersebut diikuti 11 Sekolah Satu HATI tingkat SD, SMP dan SMA digelar di SMAN 80 Jakarta 28 Maret lalu. Sekolah Satu HATI binaan AHM yang turut berperan serta lomba bermusik angklung antara lain : SMAN 13, SMK Mitra Industri, SMAN 40, SDN 13, SMAN 52, SMAN 72, SMAN 75, SMAN 80, SMAN 110, SMK Hang Tuah 1, dan SMP Hang Tuah 3.

Ahmad Muhibbuddin mengatakan melalui program lomba bermain angklung ini diharapkan dapat mengoptimalkan upaya perusahaan dalam kontribusi menyiapkan generasi muda yang peduli bangsa.

"Generasi muda Indonesia tidak hanya harus cerdas, namun juga harus mampu melestarikan serta mengangkat seni budaya Indonesia menjadi warisan budaya yang mendidik generasi muda agar menggemari seni budayanya sendiri," ujar Ahmad Muhibbuddin, Senin 30 Maret 2015 kemarin.

Kesenian Angklung telah diakui sebagai budaya asli Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO sejak November 2010. Dalam mendukung pelestariannya, AHM memasukkan seni bermusik angklung ini sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan.

Upaya terstruktur pun dilakukan AHM sejak dua tahun lalu dengan memfasilitasi kegiatan belajar dan peningkatan kompetensi bermain musik angklung bagi guru-guru sekolah binaan AHM yang tergabung dalam program Sekolah Satu HATI. Pihak sekolah memasukkan kesenian angklung sebagai mata pelajaran wajib pada mata pelajaran Seni Budaya dan menjadikannya program ekstrakurikuler di sekolah.

"Dibawah payung program Sekolah Satu HATI, selain angklung, kami juga sedang mengembangkan upaya melestarikan seni budaya khas anak negeri, seperti Tari Saman dan Topeng Betawi. Kami Melihat ini penting untuk mengimbangi pengaruh seni budaya asing agar generasi muda tetap mencintai budayannya sendiri," jelas dia.

Kepala sekolah SMAN 80 Jakarta, Warnoto mengatakan kehadiran angklung di sekolahnya disambut positif oleh para siswa. Kegiatan ekstrakurikuler ini menjadi cikal bakal untuk menjaga dan mempertahankan kesenian angklung sebagai budaya asli Indonesia agar senantiasa melekat di hati generasi muda.
"Murid-murid kami senang dan enjoy sekali bisa bermain angklung bersama - sama dan bisa tampil di sebuah acara tertentu. Program ini positif jika terus dikembangkan ke depan." 

Selain di bidang pendidikan, AHM juga memiliki program CSR lain, berupa kegiatan yang berorientasi pada kepedulian terhadap lingkungan, safety riding, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat atau income generating aktivity. (sbi)

Dikutip dari : Fajar Online Jakarta

SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta
Jl. Gorontalo III /24 Sungai Bambu Tanjung Priok - Jakarta 14330 INDONESIA
Telp : 021.4371028 / 021.4360514 Fax : 021.4371028
e-Mail : sdplusht1@yahoo.co.id