"Selamat Datang di Website SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta"

Pantai Suluban

Keindahan Di Balik Batu Karang

Bali - Bosan berkunjung ke pantai yang landai dengan pesisir pantai yang luas dan datar? Biasanya jenis pantai ini juga umumnya ramai dikunjungi wisatawan. Nah, mungkin kali ini anda perlu mengunjungi pantai yang berbeda, yaitu Pantai Suluban.

Berada di Desa Pecatu yang terletak di ujung selatan Kabupaten Badung, Bali, pantai ini menawarkan eksotisme spektakuler sebuah pantai yang letaknya tersembunyi di balik batuan karang.

Dikutip dari Indonesia Travel, kata suluban berasal dari bahasa Bali, yaitu menyulub yang artinya berjalan atau lewat di bawah sesuatu. Pemberian nama ini disesuaikan dengan ciri khas pantainya dimana untuk sampai di pesisir pantai berair jernih berwarna biru ini, anda perlu menuruni anak tangga melewati lorong atau celah sempit di antara batuan karang raksasa. Beberapa karang bahkan serupa gua yang seolah menjadi pintu masuk ke pesisir pantai.

Garis Pantai Suluban memang tidak terlampau luas, seolah terselip di antara karang - karang raksasa. Akan tetapi, keindahan panorama alam lautnya sungguh sangat mempesona. Pantai yang berpasir putih ini memiliki gelombang ombak yang besar, cocok untuk berselancar.

Apabila anda enggan menuruni tangga dan melalui celah - celah di antara karang raksasa, keindahan pantai cantik nan eksotis yang juga dikenal dengan nama Blue Point ini tetap dapat dinikmati dari atas batuan karang dengan panorama langsung ke lautan lepas.

Di atas batuan karang ini, terdapat gazebo dan banyak restoran atau warung makan; tempat yang tepat untuk duduk santai menikmati keindahan Pantai Suluban.

Tebing - tebing tinggi yang dilengkapi fasilitas penunjang bagi wisatawan berupa gazebo adalah tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang sungguh cantik dan mempesona. Gazebo ini terletak di ketinggian sekira 20 meter dari garis pantai.

Dari gazebo, dapat dengan jelas terlihat atraksi para peselancar di lepas pantai. Ini juga merupakan tempat yang sering digunakan spot pengambilan foto oleh fotografer dengan objek para peselancar atau pun kecantikan pantai yang tersembunyi di balik tebing dan batu karang ini.

Apabila anda gemar berselancar, tentu menarik untuk menjajal liuk ombak Pantai Suluban yang telah mengundang banyak wisatawan asing untuk datang.

Hanya saja, mengingat banyaknya batu karang di dekat bibir pantai, peselancar harus berenang agak ke tengah untuk mendapatkan ombak yang besar dan menantang. Kebanyakan wisatawan yang datang adalah wisatawan mancanegara yang ingin berselancar dan menantang ombak besar di Pantai Suluban.

Perjalanan menuju Pantai Suluban dapat ditempuh kira-kira 1 jam perjalanan dari Denpasar. Jarak Pantai Suluban dari kota Denpasar adalah 32 kilometer ke arah selatan melalui kawasan wisata Kuta, Bandara Ngurah Rai Tuban, dan Desa Jimbaran.

Anda dapat menyewa mobil, motor, atau menggunakan jasa agen wisata dari bandara untuk sampai ke pantai ini. Biasanya, ada paket-paket wisata mengunjungi kawasan Bali Selatan yang terkenal memiliki pantai - pantai yang dikelilingi tebing karang atau bukit - bukit.

Dikutip dari SindoNews.com

SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta
Jl. Gorontalo III /24 Sungai Bambu Tanjung Priok - Jakarta 14330 INDONESIA
Telp : 021.4371028 / 021.4360514 Fax : 021.4371028
e-Mail : sdplusht1@yahoo.co.id