"Selamat Datang di Website SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta"

Jenis - Jenis Olah Raga Air / Laut

Selama ini kita mungkin sering menyaksikan jenis - jenis olah raga air atau olah raga laut yang dipertandingkan atau ditayangkan di televisi. Tetapi sudahkan anda mencoba beberapa olah raga berikut ini.

Renang

Olah raga yang bisa dilakukan di laut maupun di kolam renang ini memperlombakan renang gaya bebas, renang gaya punggung, renang gaya dada, renang gaya kupu-kupu, renang indah yang menggabungkan unsur renang, senam, dan tari.

Selancar Air atau Surfing

Olah raga yang banyak diminati kaum remaja ini dilakukan di ombak yang tinggi, dimana peselancar menjaga keseimbangan dengan berdiri di atas papan dan meluncur di atas ombak.

Polo Air

Olah raga beregu ini terdiri atas 13 atlet dengan 11 pemain dan 2 kiper, permainannya mirip sepak bola, hanya saja dilakukan di dalam air dengan tujuan permainan mencetak gol.

Arung Jeram atau Rafting

Olah raga yang dilakukan secara beregu ini dilakukan di sungai berarus deras / alur sungai yang berjeram / riam dengan peralatan yaitu perahu karet, pelampung, dan dayung.

Snorkeling dan Menyelam


Olah raga menyelam dengan menggunakan snorkel dan sepatu karet yang berbentuk seperti kaki katak atau menyelam dengan menggunakan baju selam dan tabung oksigen.

Jet Ski

Olah raga mengendarai kendaraan kombinasi dari sepeda motor, ski air, dan mobil salju yang dilakukan di laut dan digunakan untuk bergerak cepat melewati ombak.

Tempat olah raga laut tersedia di Pantai Pangandaran, Pantai Ancol, Pantai Kepulauan Seribu. Wisata olah raga air yang terkenal adalah Pantai Tanjung Benoa Bali yang menyediakan paket olah raga air yang lengkap seperti parasailing, banana boat, flaying fish, snorkeling, diving, dan jet ski dengan instruktur bersertifikat dan berpengalaman yang siap membantu.

Macam - macam olah raga air yang dipertandingkan dalam Pekan Olah Raga Nasional dan cabang olah raga air di Olimpiade diantaranya renang indah, renang, menyelam, polo air, loncat indah.

Resiko olah raga air patut diperhatikan, apalagi untuk anda yang baru bergabung karena kecelakaan di air bisa menyebabkan cidera hingga kematian. Tips olah raga air diantaranya perhatikan kedalaman air, hindari olah raga air ketika anda dalam pengaruh obat - obatan atau alkohol, gunakan perlengkapan renang, dan ikuti arahan instruktur.

Bagaimana? Anda tertarik dengan mencoba jenis - jenis olah raga laut tersebut? Saat ini meskipun anda kurang bisa berenang, aneka olah raga laut tersebut bisa anda coba dengan bantuan dan pengawasan dari instrukturolah raga.

Selamat berolah raga laut.

SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta
Jl. Gorontalo III /24 Sungai Bambu Tanjung Priok - Jakarta 14330 INDONESIA
Telp : 021.4371028 / 021.4360514 Fax : 021.4371028
e-Mail : sdplusht1@yahoo.co.id