"Selamat Datang di Website SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta"

Keindahan Pesisir Bintan

Bintan Harus jadi Primadona Wisata Asia

Tak ada lagi yang meragukan keelokan alam Bintan. "Siapa yang datang kali pertama, hampir bisa dipastikan datang untuk kedua," sebut Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, Februari lalu. Saat itu, Arief sudah tiga kali berkunjung ke Bintan.

"Bintan ini cantik luar biasa," kata Arief di sela-sela kunjungannya.

Potensi ini yang kemudian memikat hati Ansar Ahmad untuk menjadikan Bintan sebagai primadona tujuan wisata di Asia.
"Bintan punya modal segalanya untuk menjadi tempat wisata di tingkat internasional," kata Ansar.

Modal yang paling tak terbantahkan adalah berlimpahnya sumber daya alam (SDA) memukau di sepanjang kawasan pesisir Bintan.
Sepanjang pesisir pantai Lagoi dan Pantai Trikora adalah garansi penyedap mata bagi para pelancong yang gemar berplesir ke pantai. Untuk itu, pengembangan di kawasan ini tak luput dari perhatian Ansar.

"Tentu tak boleh hanya berpusat ke Lagoi saja. Harus sampai juga di pesisir timur Bintan," kata Ansar.
Di Lagoi sendiri, Ansar menjelaskan, semua fasilitas yang ada di sana sudah berlabel dan berstandar kualitas internasional.

Investasi - investasi jutaan dolar dipancing Ansar untuk ditanam di sana. "Tahun ini saja akan ada hotel besar bakal buka di sana. Itu untuk menutupi keluhan okupansi," ujarnya.

Belum lagi sejumlah resor yang masih dalam pembangunan yang diperkirakan rampung tahun depan.

Ansar memastikan, bila seluruh pembangunan resor di Lagoi ini rampung, bisa menambah jumlah hunian mencapai lebih dari 1.000 pintu.

"Dengan tambahan jumlah kamar segitu, bisa menutupi tingginya permintaan kamar pada hari - hari penyelenggaraan ivent internasional seperti Tour de Bintan atau Bintan Metaman," kata Ansar.

Sementara di daerah pesisir timur Bintan, juga sudah mulai menggeliat pembangunan sejumlah resor.

Meski belum setaraf resor yang ada di Lagoi, pertumbuhan resor di sepanjang pesisir Pantai Trikora ini merupakan indikasi positif telah terjadinya penyebaran konsentrasi wisata selama berkunjung ke bintan.

"Apalagi resor di pesisir timur itu juga memberikan banyak dampak positif buat masyarakat, karena mampu menyedot keramaian," kata Ansar.

Bukan hanya memperhatikan pengadaan infrastruktur penunjang pariwisata yang memadai, Ansar juga memberikan perhatian khusus tentang peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) Bintan untuk menyambut pembangunan kepariwisataan.

Ini dirasa sangat penting. "Untuk apa pariwisata maju tapi tak memberikan efek ke masyarakat luas," tegasnya.
Ada sejumlah kegiatan yang diberlakukan untuk meningkatkan mutu SDM Bintan. Satu diantaranya yang paling terlihat nyata adalah keseriusan Ansar memberikan perhatian khusus kepada Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid Bintan.

Dari sekolah ini, Ansar menginginkan akan ada banyak anak - anak Bintan yang nantinya juga menjadi pemain utama di tengah - tengah kemajuan pariwisata di Bintan.
"Jangan sampai anak - anak Bintan ini menjadi penonton saja di kampung sendiri," katanya.


  • Dikutip dari Batam Pos Online.


SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta
Jl. Gorontalo III /24 Sungai Bambu Tanjung Priok - Jakarta 14330 INDONESIA
Telp : 021.4371028 / 021.4360514 Fax : 021.4371028
e-Mail : sdplusht1@yahoo.co.id