"Selamat Datang di Website SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta"

Pulau Komodo

Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di Propinsi Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan dengan Propinsi Nusa Tenggara Barat. Tepat di daerah Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Mengapa Pulau Komodo merupakan 7 NEW Wonder Of The World? Berikut adalah fakta - fakta tentang Pulau Komodo.

1.  Pulau Komodo Memiliki Hewan Prasejarah Yang Masih Hidup
Hewan - hewan prasejarah yang naga, lebih dikenal sebagai Komodo. Berdasarkan penelitian, naga prasejarah punah sejak 30 juta tahun yang lalu. Tapi ternyata di pulau komodo anda dapat menemukan hewan prasejarah yang masih hidup dan mampu bertahan sampai saat ini. Komodo termasuk hewan yang terancam punah, dengan populasi kurang dari 4000 ekor.

2.  Ketiadaan Fosil di Pulau Komodo
Pertengahan abad ke-20 ditemukan fosil hewan yang menyerupai naga di Australia. Ini berarti bahwa naga pernah hidup di daratan Australia di masa prasejarah. Namun para peneliti masih bingung dengan hubungan Pulau Komodo dengan fosil di Australia, sementara di Pulau Komodo tidak ditemukan fosil sama sekali. Meski sejarah geologi bumi menunjukkan bahwa Australia dan beberapa kepulauan Indonesia adalah satu lempeng, namun Pulau Komodo diperkirakan terbentuk sekitar 1 juta tahun yang lalu.

3.  Komodo Adalah Hewan Yang Lahir Dari Orang Tua Tunggal.
Komodo memiliki berat 70 - 100 kg dengan panjang tubuh sekitar 2 - 3 meter. Komodo adalah spesies reptil terbesar di dunia dengan lidah panjang, kuning, dan bercabang. Dapat mendeteksi keberadaan bangkai 4 - 9,5 km. Komodo bisa berlari hingga 20 km/jam, berenang dengan baik dan dapat menyelam sedalam 4,5 meter dan memanjat pohon. Komodo memiliki proses reproduksi yang unik, yang mampu menghasilkan anak tanpa kehadiran laki - laki. Merekapun mampu menghasilkan telur tanpa proses pembuahan.

4.  Komodo Hanya Ditemukan Di Pulau Komodo dan Pulau - Pulau Lain Sekitar Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Pandar.
Komodo jarang ditemukan di kebun binatang di seluruh dunia, karena memiliki hidup yang pendek jika di tempat perkembangbiakan. Naga ini memiliki usia hidup hingga 50 tahun.

5.  Memiliki Campuran Spesies Hewan Asia - Australia.
Di pulau Komodo dan sekitarnya ada 277 spesies hewan yang berasal dari campuran hewan Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung dan 37 spesies reptil. Bersama dengan naga, ada 25 spesies hewan darat dan burung dilindungi.

6.  Memiliki Perairan Laut Yang Hangat dan Dingin.
Pulau Komodo masuk dalam kawasan wisata taman nasional Komodo. Pulau ini adalah tempat pertemuan arus utara dan selatan. Perairan utara adalah perairan hangat yang berasal dari Laut Banda dan Flores. Sebaliknya, perairan selatan adalah perairan dingin dari arus Samudera Indonesia. Pertemuan dua perairan menghasilkan ekosistem bawah laut yang kaya.

7.  Keindahan Pemandangan Laut
Ada terumbu karang di bawah perairan laut taman nasional pulau komodo. Ada 253 spesies karang pembentuk terumbu karang yang ditemukan disana, dengan sekitar 1000 spesies ikan. Ini adalah keindahan alam yang menarik banyak penyelam dan wisatawan untuk berenang di perairan ini.


SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta
Jl. Gorontalo III /24 Sungai Bambu Tanjung Priok - Jakarta 14330 INDONESIA
Telp : 021.4371028 / 021.4360514 Fax : 021.4371028
e-Mail : sdplusht1@yahoo.co.id