"Selamat Datang di Website SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta"

Kapal Layar

Kalau dari judul diatas kita pasti mengetahui dan mungkin pernah melihat bagaimana bentuk kapal layar. Kalau dengar kapal layar pasti kita membayangkan sebuah kapal yang ukurannya lumayan besar dan mengarungi sebuah samudera, apalagi jika kapal layar tersebut digunakan untuk wisata dan melihat pesona laut yang indah pasti sangat menyenangkan ditambah dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi semakin membuat pelayaran tersebut semakin menantang dan menarik.
Menurut pengertian dan asal mulanya Kapal Layar yaitu kapal layar adalah sebuah kapal yang menggunakan layar dan mememanfaatkan tenaga angin untuk mendorong kapal tersebut bergerak. 

Konstruksi Kapal ini umumnya terbuat dari kayu dan cukup lama digunakan sebagai tulang pungung pelayaran baik bersifat sipil maupun militer sampai penemuan mesin uap dan kapal besi/baja pada abad ke 19 seiring dengan ramainya Revolusi Industri yang dipelopori oleh Inggris melalui penemuan mesin uap oleh James Watt.
Pada awalnya, kapal layar digerakkan oleh tenaga manusia sebagai pendayung dan layar. Model dari kapal jenis ini dapat dilihat pada kapal viking, kapal Mesir Kuno, kapal Romawi Kuno, Kapal India Kuno sampai masa Kapal Borobudur yang sudah menggunakan kapal layar. Karena adanya perkembangan zaman seperti yang dijumpai di Indonesia yaitu kapal layar bercadik, Kapal dengan menggunakan layar segitiga seperti yang dijumpai di Timur tengah dan Kapal layar segi empat yang digunakan oleh Bangsa bangsa Eropa menjelang memasuki abad penjelajahan, Serta kapal layar lipat dengan model yang dijumpai di Jepang ataupun China. Pada masa kini umumnya kapal layar dilengkapi dengan mesin tempel untuk menghadapi kemungkinan tidak bertiupnya angin pada daerah daerah tertentu agar tetap melanjutkan perjalanannya.
Jenis-jenis kapal layar :
Berdasarkan Tenaga Penggerak :
*Kapal layar dengan pendayung
*Kapal layar tanpa pendayung
Dari Bentuk Layar :
*Kapal layar segitiga
*Kapal layar segi empat
*Kapal layar lipat
Dari Type Kapal :
  1. Kapal layar bercadik, 
  2. Kapal Jung, 
  3. Kapal Clipper, 
  4. Kapal Galleon, 
  5. Kapal Dromon, 
  6. Kapal Cog, 
  7. Kapal Caravel, 
  8. Kapal Carrack Longship, 
  9. Kapal Galleas, 
  10. Kapal pinisi.




















SD Plus Hang Tuah 1 Jakarta
Jl. Gorontalo III /24 Sungai Bambu Tanjung Priok - Jakarta 14330 INDONESIA
Telp : 021.4371028 / 021.4360514 Fax : 021.4371028
e-Mail : sdplusht1@yahoo.co.id